Jumat, 13 September 2013

Cara mencegah agar terhindar dari toilet umum

1. Pilih Toilet yang 'Penampakannya' Paling Bersih

Banyaknya orang yang menggunakan toilet umum, menjadi penyebab kondisi toilet menjadi sangat kotor. Sebaiknya hindari toilet yang kotor dan pilih toilet yang paling dekat dengan pintu keluar kamar mandi. Para ahli menemukan bahwa toilet pertama atau toilet yang berada paling dekat dengan pintu masuk kamar mandi adalah toilet yang memiliki tingkat bakteri paling rendah. Hal ini karena orang cenderung memilih toilet yang paling ujung untuk privasi mereka. Mulai sekarang, pilihlah toilet yang dekat dengan pintu masuk karena cenderung lebih bersih dan tidak banyak mikroorganismenya.


2. Gunakan Kertas Alas Toilet

Walau agak merepotkan, kertas alas toilet bisa bantu Anda menghindari kuman yang ditinggalkan oleh pengguna toilet sebelum Anda. Kertas alas toilet ini sudah banyak dijual di pasaran, namun jika sulit menemukannya, Anda bisa memakai tisu toilet sebagai penggantinya.


3. Selalu Periksa Kesediaan Tisu Toilet

Sebelum memakai toilet, pastikan terlebih dulu bahwa stok tisu di dalam toilet masih ada. Selain untuk membersihkan tubuh, tisu juga bisa untuk membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya. Untuk lebih aman, bawa tisu sendiri karena tidak tersentuh tangan-tangan dari pengunjung lain.


4. Jangan Taruh Tas di Lantai

Jangan meletakkan tas atau dompet di lantai kamar mandi, meskipun kelihatannya bersih. Jika terdapat gantungan, sebaiknya letakkan tas di sana atau sampirkan tas di bahu jika memang tidak ada tempat untuk menaruhnya. Selain itu, Anda juga harus menarik celana atau rok hingga mencapai betis untuk menghindari terkena semprotan air, tapi jangan terlalu rendah karena berisiko menyentuh lantai kamar mandi. Ini untuk menghindari terbawanya kuman dan bakteri yang ada di lantai toilet.


5. Jangan Lupa Flush Toilet

Entah karena terburu-buru atau lupa, tak sedikit orang yang meninggalkan toilet tanpa menyiram (flush). Tentu saja hal tersebut merugikan orang lain yang akan menggunakan toilet setelahnya. Oleh sebab itu, jangan pernah lupa untuk membilas toilet ketika akan keluar dari kamar mandi agar mikroorganisme dari air toilet tidak menempel di tubuh dan membuat orang lain jijik.


6. Cuci Tangan dengan Benar

Cara terbaik untuk melawan bakteri dan kuman adalah mencuci tangan dengan benar. Pastikan Anda mencucinya dengan sabun dan air hangat jika tersedia. Gosok kedua sisi telapak tangan serta sela-sela jari selama 30 detik. Bilas, lalu keringkan menggunakan tisu atau mesin pengering tangan.

dan jangan lupa bila anda masuk ke dalam sebuah kamar mandi umum, jgn lupa handy cleannya dibawa,, atau anda bisa membawa handy clean kemana aja dan kapan aja.. sehingga 99,9% anda terhindar dari yang namanya kuman.. oke sobat 

15 komentar:

Muhammad Yusuf Tamerz mengatakan...

ijin nyimak

Anonim mengatakan...

Nyimak

Joythius Dany mengatakan...

Tips yang bermanfaat, Mas. (y)

Saya sering sekali menjumpai kloset tidak tersiram oleh si pemakai sebelumnya. Menjorokkan! Itu sering saya temui di tempat-tempat keramaian seperti terminal bus, stadion sepakbola, dan WC anak SD. Brrrr...

Ridho Naufal mengatakan...

disekolah sering banget wc gak disiram...
beh bau nya .. pesing banget
nice artikel (y)

Ryano Azumi Kunnichiwa Kunnichiwa mengatakan...

Bagus gan, sampe sekarang saya kalo mau BAK mikir" dulu di tempat yg kotor, takut ada apa"
hehe

alif musa mengatakan...

nice tips gan. . . .

Mrs. Gaptek's Daily mengatakan...

wah ijin baca mas

Muhammad Yusuf Tamerz mengatakan...

Mantap artikelnya

@RevaldoAM mengatakan...

biasanya sih ane tahan biar di rumah aja..soalnya kalo di umu suka yagitulah..hehe

bloekoetoek blogonol mengatakan...

tips ini sederhana tapi sangat berguna sekali untuk kesehatan, karena ini juga jarang dimengerti dan dilakukan untuk mencegah penyakit yang bisa ditimbulkan. biasanya orang gak perduli, tapi giliran kena penyakit, bisa hanya menyesal dan mengeluh. semoga bermanfaat bagi semua, amin. salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan baliknya ke blogonol.
[http://blogonol.blogspot.com]

Dicky Fajriansyah mengatakan...

Bermanfaat sekali nih,,,
Thanks ya udah share.....

Jangan lupa kunjung di my blog → http://fajry-bloggers-4rt.blogspot.com/

Naufal Opal Blog mengatakan...

tips nya bagus

Syaffi mengatakan...

thanks sharenya, bisa untuk pertimbangan nih jika mau pakai toilet umum

tips melangsingkan perut mengatakan...

toilet itu kaya pacar.. kadang di menyebebalkan tapi selalu dibutuhkan.. hi hi hi

Habib Assegaf mengatakan...

nice post gan