Jumat, 31 Januari 2014

11 Langkah Untuk Mengatasi Susah Tidur

temukan saya di facebook https://www.facebook.com/pages/Bermanfaat11blogspotcom/234990629973824?ref=ts&fref=ts

1. Perhatikan kebersihan, seperti cuci muka, cuci kakidan kebersihan bagian tubuh yang lain. Hal ini akan membuat kita merasa nyaman sehingga dapat tidur nyenyak
2. Usahakan menetapkan waktu tidur dan bangun. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, juga di hari libur. Biasakan menepati jadwal itu, agar pola tidur Anda normal kembali. Hindari tidur siang.
3. Agar fisik Anda lebih lelah, cobalah melakukan olah raga di siang atau sore hari. Hal ini dapat memudahkan istirahat/tidur.
4. Hentikan kebiasaan minum kopi, teh, cola dan minuman lain yang mengandung kafein, terutama di sore dan malam hari saat akan tidur.
5. Hindari mengkonsumsi alkohol berlebihan. Pada awalnya, alkohol memang membuat mengantuk, tapi nanti Anda akan terbangun di tengah malam dan sulit tidur kembali.
6. Minumlah minuman yang hangat pada saat jam menjelang tidur.
7. Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena itu akan membuat perut merespon secara tidak normal.
8. Bila Anda bekerja di sore hari, berhentilah setidaknya satu jam sebelum jam tidur Anda.
9. Pastikan membuat tempat tidur Anda nyaman dan ventilasi kamar tidur baik.
10. Saat Anda akan pergi tidur, cobalah mengatur cahaya lampu kamar tidur menjadi remang-remang. Hal ini akan merangsang otak memproduksi melatonin, yang membimbing mata untuk terpejam.
11. Meski Anda sering mengalami susah tidur saat malam hari namun jangan menggunakan obat tidur, apalagi jika tanpa anjuran dokter. Jika ini dilakukan, justru insomnia akan tetap resistan. Pemakaian obat tidur seringkali hanya sebagai pereda sementara, sehingga jika habis waktu berlakunya maka akan kembali insomnia.

Semoga bermanfaat :)


7 komentar:

Bingang Bingung mengatakan...

Artikel yang bermanfaat sekaligus memberi saya informasi lebih lagi :)
Cuman informasi sekaligus blogwalking aja :)
Ada template baru di blog ane gan :)
Pemaline Blogger Template

Bingang Bingung mengatakan...

Artikel yang bermanfaat sekaligus memberi saya informasi lebih lagi :)
Cuman informasi sekaligus blogwalking aja :)
Ada template baru di blog ane gan :)
Pemaline Blogger Template

Bingang Bingung mengatakan...

Artikel yang bermanfaat sekaligus memberi saya informasi lebih lagi :)
Cuman informasi sekaligus blogwalking aja :)
Ada template baru di blog ane gan :)
Pemaline Blogger Template

adi prayogo mengatakan...

sip, bermanpaat

Sanz Yu mengatakan...

Artikel yang menarik.
Saya kebetulan juga salah satu insomner.:P

Jadi tertarik untuk membaca isia artikelnya. Terima kasih sudah mau berbagi. :)

khoirun naim mengatakan...

hahaha iya gan bermanfaat semua tuh , ane aja masih serring begadang terus nih hehehe mungkin cara ini bisa teratasi dengan fast
numpang blogwalkingnya ya

Rezki Dharmawan mengatakan...

Bermanfaat gan :) kalo saya sendiri sih mungkin nomor dua yang agak sulit :D