Selasa, 22 September 2015

Trik Menghafal Cepat

ahasia Teknik Cara Mengingat dan Menghafal Dengan Cepat -  Tips cara menghafal dengan cepat, banyak orang ingin sekali bisa cepat menghafal sesuatu yang ingin dia ingat, contonya saja seperti catatan, puisi, kata-kata indah dalam bahasa inggris, dan masih banyak lagi.

"Teknik Menghafal", dari segi teori memang kedengarannya gampang banget, tapi belum tentu bisa juga loh ketika sudah dipraktekkan. Di dunia ini hampir tidak ada yang mustahil. Bagi para pengunjung Cara Terindahyang merasa dirinya kurang bisa untuk menghafal dengan baik dan cepat. saya mempunyai tips yang bermanfaat yang bisa kalian terapkan ketikan ingin menghafalkan sesuatu.


TEKNIK RAHASIA CARA CEPAT MENGHAFAL


1. MNEMONIC
Apa itu mnemonic? pengertian mnemonic adalah teknik cara menghafal yang bersifat abstrak. Jadi teknik menghafal yang satu ini dengan mengubah sebuah kata yang abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita bayangkan.

Teknik sistem Mnemonic dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu :

A. SISTEM GAMBARAN
Sistem gambaran itu adalah teknik menghafal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut kedalam sesuatu yang bersifat nyata.
Contoh sistem gambaran :

  • Yogyakarta - dapat digambarkan dengan Borobudur.
  • Gembira - dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.
  • Jakarta - akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.


B.SISTEM PERSAMAAN BUNYI
Sistem persamaan bunyi adalah suatu teknik menghafal informasi berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya.
Contoh sistem persamaan bunyi :

  • Irak - akan dapat lebih mudah di ingat jika kita mengingatnya dengan kata rak
  • Singapura - akan dapat lebih mudah di ingat dengan cara mengingat kata singa


2. MEMORY SPORT
Sebenarnya otak manusia itu seperti halnya otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot itu tersebut akan bertambah kuat. Begitupun dengan otak yang kita asah,  apabila kita rajin mengolah dan mengasah informasi pada otak kita, maka sudah pasti otak kita pun akan terbiasa. ingatlah prinsip berikut "Bisa Karena Biasa" Jika kita malas dan tidak pernah mau mengolahragakan otot / otak kita, sudah tentu otot / otak kita pun akan menjadi lemah. Jadi, sangat disarankan agar kita senantiasa mengolahragakan otak kita. 

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport itu sendiri. Kalian pasti tahu kan TTS (teka teki silang). Usahakan sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin rajin semakin terlihat hasilnya. Inilah cara yang paling gampang dan murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan anda mengisi TTS tersebut, maka secara tidak langsung otak kita akan menjadi terlatih untuk dapat mengolah kata-kata sambil memperkuat daya ingat.


3. STORY SISTEM
Story system adalah teknik mengingat informasi menggunakan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk dijadikan sebuah cerita.

Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu  awan - burung - baju - coca cola - gunung - pistol - buaya - pohon - kawah - kelinci

Pasti anda kesulitan untuk menghafalkan kata-kata tersebut. Teknik kali ini lah yang dapat memudahkan anda dalam menghafalkan semuanya, anda bisa menggunakan cara menghafal story sistem ini, caranya adalah dengan menggabungkan kalimat tersebut menjadi sebuah cerita.

Lihat ini :
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

Dengan cara membayangkan seperti itu, anda akan menjadi lebih mudah untuk menghafalkannya.


4. RELATION SISTEM
Relation sistem adalah teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara terikat. Relation sistem ini sering digunakan untuk menghafal sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama (sungai dan provinsinya), (nama negara dan ibu kotanya), dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.

Demikian lah Tips Rahasia Cara Mengingat dan Menghafal Dengan Cepat semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang kesulitan untuk mengafalkan sesuatu. sesuatu yang mungkin saja kalian anggap penting untuk diingat serta dihafal, sekian.

Tidak ada komentar: