Jumat, 29 Maret 2013

cara membersihkan keyboard yang kemasukan kotoran


Kesibukan atau padatnya tugas di kantor kerap membuat Anda harus makan siang di dalam ruangan. Makan pun disambi mengerjakan tugas-tugas tersebut. Hal ini sebenarnya merupakan kebiasaan buruk, karena -sadar atau tidak- banyak remah-remah makanan yang berjatuhan di atas keyboard. Banyak pula yang jatuh di sela-sela kunci, sehingga sulit dibersihkan. Bila terus dibiarkan, kotoran bisa membuat fungsi keyboard tidak berjalan semestinya.
Sebelum kondisi makin parah, lakukan pembersihan pada keyboard secara berkala. Gampang kok, caranya:
1. Matikan komputer atau laptop, lepaskan kabel mouse, keluarkan CD, DVD,flash disk, Bluetooth adapter, atau apa pun yang ada di disc drive dan USB drive-nya. Kemudian, dengan hati-hati balikkan keyboard (atau laptopnya), dan guncangkan secara perlahan untuk melepaskan debu atau kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela keyboard.
2. Gunakan blower untuk meniup sisa-sisa debu di sekitar keyboard, dan di celah-celahnya. Bila tak ada blower, Anda bisa menggunakan selang padavacuum cleaner atau hair dryer. Atur pada posisi yang tidak panas.
3. Tuangkan dua tetes alkohol isopropyl pada cotton bud, lalu sapukan pada tepi kunci untuk membersihkannya. Cotton bud sebaiknya hanya sedikit lembab, bukan basah, karena meneteskan cairan pada keyboard bisa menimbulkan masalah baru.
4. Bersihkan seluruh permukaan keyboard sekali lagi dengan kain kering yang tidak berserat, dan biarkan udara mengeringkannya selama beberapa menit sebelum menggunakannya lagi. Jangan mengaktifkan komputer sampai Anda yakin kunci-kunci pada keyboard sudah benar-benar mengering.
Di sela-sela pembersihan secara rutin ini, Anda juga bisa menggunakan bagian yang lengket pada kertas Post-It untuk mengangkat debu pada keyboard.

Tidak ada komentar: