Rabu, 05 Juni 2013

cara mencuci motor

unya motor canggih tentunya akan sangat membanggakan, namun semakin canggih perawatan motor juga akan semakin agak ribet karena banyak pantangan yang harus dihindari. Dan akhir-akhir ini trend motor terbaru menggunakan teknologi injeksi, pabrikan motor ramai-ramai mengganti varian karburator motor mereka dengan varian injeksi yang notabene lebih irit, responsive dan lebih ramah lingkungan tentunya.Namun ada yang perlu diperhatikan saat akan mencuci motor yang menggunakan teknologi injeksi. Karena perangkat yang ada pada motor injeksi yang tidak tahan air berbeda dengan motor yang tidak menggunakan sistem injeksi. Kendati perangkat tersebut sudah dibekali kedap air tentu kita juga harus tetap waspada, Karena jika sampai perangkat injeksi ada yang rusak, maka siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengganti baru?hehe..
Ada tiga perangkat yang wajib kita lindungi saat mencuci motor berteknologi injeksi, yakni ECM, throttle body, dan soket. Ketiga bagian ini biasanya letaknya terpisah. Kalau throttle body dan soket biasanya terletak pada bagian atas mesin. Jadi untuk mencuci wilayah mesin perlu extra hati-hati, cara menyemprot yang benar yaitu dari atas kebawah, jangan sampai dari bawah keatas. Hal ini ditujukan agar throttle bodu dan soket terhindar dari tekanan air secara terus menerus yang bisa menyebakan kerusakan pada kedua perangkat tersebut.
Sedangkan untuk ECM biasanya terletak pada bagian atas spatbor belakang. Untuk mencuci spatbor belakang tak perlu disemprot terus menerus. Cara yang paling baik yaitu seka dulu dengan sikat dan lap, baru dibilas dengan menyemprotnya. Dengan cara ini ECM tetap aman dari percikan air.
Setelah mengetahui cara mencuci motor injeksi yang benar, diharapkan pemilik motor injeksi memiliki cara swadaya untuk mengamankan piranti injeksi saat mencucinya. Dan apabila motor injeksi sobat lebih sering di cuci ditempat cuci motor mending agak cerewet dengan pesan langsung kepad pencucinya gara tak menyemprot air berlebih ke tiga bagian tadi, daripada motor sobat mogok dan tentu akan merogoh kocek lebih dalam lagi untuk memperbaikinya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap banget gan thx info