Senin, 22 Juli 2013

Menu makanan yang sehat untuk sahur

Dalam menjalankan ibadah puasa tentu banyak dari kita yang ingin tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satu yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat di bulan Ramadhan adalah dengan menjaga pola makan Anda. Menu mana yang sebaiknya dimakan dan mana yang jangan.

Menu Makanan Baik Buat Sahur

Nah lalu apakah menu makanan Anda selama ini ketika sahur dan apakah makanan itu baik untuk dikonsumsi di bulan Ramdhan ?

Maksud saya begini, bukan berarti makanan bikinan rumah itu tidak layak dimakan. Saya percaya semua makanan bikinan rumah sendiri adalah makanan yang terbaik.

Namun saya cuma akan memberi sedikit tips makanan yang baik dimakan biar puasa kita siang nanti tetap fit, tidak terlalu lapar dan haus. Apalagi yang posisinya sedang merantau atau jauh dari keluarga seperti saya sendiri, tentu biasanya asal - asalan dalam memilih menu makanan buat sahur.


Tips menu makanan buat sahur :


  • Utamakan air, vitamin, serta elektrolit.
Sederhananya, minum air putih dan buah - buahan, atau jus buah tanpa gula, atau air kelapa.
Contoh yang mudah bangun tidur minum air kelapa 1 gelas, setelah itu karena sifat elektrolit pada air kelapa sehingga membuat Anda cepat haus maka dilanjutkan dengan minum air putih.

  • Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, ubi, atau bubur kacang hijau dengan gula aren.
Jenis karbohidrat ini lebih tahan lama untuk membuat gula darah menjadi stabil, sehingga akan memberikan efek mood Anda menjadi lebih baik.

  • Jangan lupa serat, baik itu sayuran atau buah.
Selain membersihkan usus, serat juga bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa daging di sela - sela usus.

Catatan : boleh disempurnakan dengan minum susu dan usahakan sebagai penutup adalah minum air putih.

Sebagai contoh makanan yang tidak baik saat dimakan waktu sahur adalah Mie rebus. Apabila Anda sahur hanya makan Mie rebus dijamin nanti siangnya Anda bakal cepet merasa haus dan lapar.

Lalu darimana sumber tips sehat diatas ? semua tips diatas itu saya dapat dari mulut Emak saya.
Emak saya memberi nasehat begitu, dan dari kecil sampai saya sudah merantau sekarang saya masih menuruti saran dari Emak saya yaitu yang terpenting jangan hanya makan Mie rebus ketika sahur.
- See more at: http://widyaseo.blogspot.com/2013/07/menu-makanan-yang-sehat-buat-sahur.html#sthash.ESG1SZg5.dpuf

Tidak ada komentar: